Jumat, 04 Januari 2013

SIX SIGMA

   Six Sigma adalah salah satu metode dalam perbaikan proses (process improvement) yang
belakangan ramai dibicarakan orang. Bahkan, bagi sebagian organisasi, Six Sigma bukan hanya
sekadar metode tapi sudah menjadi strategi bisnis yang menjadi tulang punggung perusahaan
tersebut.
 




MANFAAT PENERAPAN SIX SIGMA QUALITY
Bagi Perusahaan :
  1. Mempertahankan kelangsungan usaha
         Meningkatkan Market share
         Customer Retention
         Meningkatkan Profit dan Investor Relations
         Meningkatkan hubungan dengan Supplier
  1. Adanya kejelasan performance yang harus dicapai oleh setiap anggota organisasi
  1. Mempercepat kegiatan improvement:
         Process Improvement: Defect reduction, Cycle time reduction,  metodologi desain proses
         Meningkatkan Produktifitas
         Product/service Improvement
         Cost Reduction
  1. Mendorong budaya belajar di dalam organisasi
         Meningkatkan skill karyawan dalam memperbaiki proses
     5.    Mendorong dilakukannya perubahan yang bersifat strategis
         Culture Change
          
Bagi Pelanggan:
Meningkatkan “value to customer”
         Produk / service yang bermutu tinggi
         Biaya yang murah à harga murah

MANY FACET OF SIX SIGMA A METHOD
  1. DEFINE           : identifikasi permasalahan yang akan dipecahkan
  1. MEASURE      : mengidentifikasi parameter apa yang harus diukut serta mereview pencapaiannya
  2. ANALYSE       : mengidentifikasi keterkaitan antara faktor-faktor atas permasalahan yang dihadapi
  3. IMPROVE      : mengidentifikasi rencana perbaikan / reprocess untuk menghasilkan produk/service yang bebas cacat
  4. CONTROL     : monitoring / pencegahan untuk memastikan masalah yang sama tidak berulang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar