Six Sigma adalah salah satu metode dalam perbaikan proses (process improvement) yang
belakangan ramai dibicarakan orang. Bahkan, bagi sebagian organisasi, Six Sigma bukan hanya
sekadar metode tapi sudah menjadi strategi bisnis yang menjadi tulang punggung perusahaan
tersebut.
belakangan ramai dibicarakan orang. Bahkan, bagi sebagian organisasi, Six Sigma bukan hanya
sekadar metode tapi sudah menjadi strategi bisnis yang menjadi tulang punggung perusahaan
tersebut.
MANFAAT
PENERAPAN SIX SIGMA QUALITY
Bagi
Perusahaan :
- Mempertahankan kelangsungan usaha
•
Meningkatkan Market share
•
Customer Retention
•
Meningkatkan Profit dan Investor Relations
•
Meningkatkan hubungan dengan Supplier
- Adanya kejelasan performance yang harus dicapai oleh setiap anggota organisasi
- Mempercepat kegiatan improvement:
•
Process Improvement: Defect reduction, Cycle time
reduction, metodologi desain proses
•
Meningkatkan Produktifitas
•
Product/service Improvement
•
Cost Reduction
- Mendorong budaya belajar di dalam organisasi
•
Meningkatkan skill karyawan dalam memperbaiki proses
5. Mendorong dilakukannya perubahan yang
bersifat strategis
•
Culture Change
•
Bagi
Pelanggan:
Meningkatkan “value to customer”
•
Produk / service yang bermutu tinggi
•
Biaya yang murah à harga murah
MANY
FACET OF SIX SIGMA A METHOD
- DEFINE : identifikasi permasalahan yang akan dipecahkan
- MEASURE : mengidentifikasi parameter apa yang harus diukut serta mereview pencapaiannya
- ANALYSE : mengidentifikasi keterkaitan antara faktor-faktor atas permasalahan yang dihadapi
- IMPROVE : mengidentifikasi rencana perbaikan / reprocess untuk menghasilkan produk/service yang bebas cacat
- CONTROL : monitoring / pencegahan untuk memastikan masalah yang sama tidak berulang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar